API (Application Programming
Interface) adalah sekumpulan perintah, fungsi, dan protokol yang dapat
digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi
tertentu. API memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi
dengan sistem operasi lain.
Dalam contoh sederhana,
dibutuhkan setidaknya ribuan system calls per detik. Oleh karena itu Kebanyakan
programmer membuat aplikasi dengan menggunakan Application Programming
Interface(API). Dalam API itu terdapat fungsi-fungsi/perintah-perintah untuk
menggantikan bahasa yang digunakan dalam system calls dengan bahasa yang lebih
terstruktur dan mudah dimengerti oleh programmer. Fungsi yang dibuat dengan
menggunakan API tersebut kemudian akan memanggil system calls sesuai dengan
sistem operasinya. Tidak tertutup kemungkinan nama dari system calls sama
dengan nama di API.
API adalah sebuah bahasa dan
format pesan yang digunakan oleh program aplikasi untuk berkomunikasi dengan
system operasi atau program pengendalian lainnnya seperti system manajemen
database (DBMS) atau komunikasi protocol. API diimplementasikan dengan menulis
fungsi panggilan atau sintaks dalam program, yang menyediakan sarana yang
diperlukan untuk meminta layanan program. Pada dasarnya, program API
mendefinisikan cara yang tepat bagi developer untuk meminta layanan dari
program itu.
Pemasaran Dimensi
Integrated Marketing adalah
aktivitas untuk mengkomunikasikan, men-deliver sebuah produk lebih dari value
yang didapatkan oleh customer. Pemasaran Kopi Kapal Api adalah melakukan
integrated marketing communication melalui kampanye holistik, baik above the
line (ATL) dan below the line (BTL), distribusi maupun social responsibility
marketing, termasuk memanfaatkan media baru yang sedang in di pasar. Semua
dijalankan secara holistik termasuk distribusi berasal dari karyawan sendiri
sehingga semuanya ada dalam kontrol perusahaan. Mereka telah memiiki perusahaan
holding untuk mengonsolidasi semuanya.
Internal Marketing adalah
kegiatan merekrut, melakukan training dan memotivasi karyawan untuk melayani
customer dengan baik. Tidak hanya karyawan, para pekerja di perusahaan ini
harus mampu mencapai target konsumen kopi. Dibutuhkan semangat dan kerja keras
untuk memproduksi kopi yang bermutu baik. Semua pekerja dari atasan hingga
bawahan harus berintegrasi secara klop untuk menjaga mutu produk. Di dalam
konsep internal marketing, marketing bukanlah divisi tunggal tetapi lebih
kepada seluruh kesatuan elemen perusahaan mulai dari pekerja, produk,
pemasaran, dan lain-lain.
Performance Marketing adalah
memonitor kondisi finansial dan keuntungan finansial dari aktivitas marketing.
Perusahaan besar seperti kopi Kapal Api tentu memiliki segudang jenis biaya,
dari biaya pemasukan hingga pengeluaran. Untung ruginya perusahaan bergantung
pada mutu produk dan strategi pemasaran yang digunakan. Untuk menarik minat
konsumen biasanya diberi kemasan yang menarik, rapi, dan praktis, sehingga
memiliki tampilan yang bagus. Desain kemasan kopi kapal api begitu elegan
dengan perpauan warna merah, hitam, dan coklat yang mengangkat tema klasik dari
kemewahan di jamannya.
Relationship Marketing berguna
untuk tetap menjaga agar relasi dengan customer untuk tetap mencapai kestabilan
dalam bisnis. Kopi Kapal Api tidak akan pernah kehilangan konsumen selama tetap
menjaga mutu produk dan terus berinovasi mengikuti selera konsumen. Bisnis ini
tentu sukses karena adanya relasi atau hubungan kerjasama dengan pihak-pihak
pemasaran, mulai dari warung-warung hingga supermarket. Dari sinilah relasi
yang terjadi mampu memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan produk
kopi ini.
Robot Manusia
Robot humanoid adalah robot yang
penampilan keseluruhannya dibentuk berdasarkan tubuh manusia, mampu melakukan
interaksi dengan peralatan maupun lingkungan yang dibuat-untuk-manusia. Secara
umum robot humanoid memiliki tubuh dengan kepala, dua buah lengan dan dua kaki,
meskipun ada pula beberapa bentuk robot humanoid yang hanya berupa sebagian
dari tubuh manusia, misalnya dari pinggang ke atas. Beberapa robot humanoid
juga memiliki 'wajah', lengkap dengan 'mata' dan 'mulut'. Android merupakan
robot humanoid yang dibangun untuk secara estetika menyerupai manusia.
1. Robot Asimo
1. Robot Asimo
Asimo merupakan robot humanoid
yang memiliki kemampuan melakukan aktivitas layaknya manusia dalam kehidupan
sehari-hari. Robot ini adalah robot yang dibuat oleh Honda di Jepang. Asimo
memiliki tinggi sekitar 130 cm dan berat 54 kilogram. Ia mampu berjalan dengan
kecepatan 6 km/jam. Ciri dari Asimo adalah ia berpenampilan seperti manusia
dengan baju astronot dan ransel di belakangnya. Menarik kan? Robot yang
mempunyai tinggi seperti seorang anak 12 tahun ini dapat melakukan tugas-tugas
seperti mengoperasikan sakelar lampu, membuka pintu, dan bekerja di meja. Ia
juga bisa melompat, meloncat dengan satu kaki, mendorong troli minuman, membuak
termos, membawakan nampan minuman, dan menuangkan segelas jus.
2. Robot Robonaut
Robot ini dikembangkan oleh NASA
yang merupakan badan antariksa milik Amerika Serikat. Ia termasuk jenis robot
humanoid. Robonaut merupakan singkatan dari Robotic Astronot. Yup, robot ini
memang berfungsi sebagai astronot. Ia bertugas menemani astronot manusia yang
sedang menjelajahi ruang angkasa. Ciri dari Robonaut seperti halnya tubuh
manusia, ia memiliki kepala yang bisa digerakkan dan dilengkapi sepasang kamera
kecil yang berfungsi sebagai mata. Namun, tubuhnya hanya terdiri dari tubuh
bagian atas yang dilengkapi sepasang lengan dan tangan. Sedangkan kakinya hanya
memiliki satu kaki yang berfungsi sebagai penyangga tubuhnya.
Pekerja Teknologi Informasi Bagi Masa Depan
Kelompok pertama, adalah mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak (software), baik mereka yang merancang sistem operasi, database maupun sistem aplikasi.
Pekerja Teknologi Informasi Bagi Masa Depan
Profesi dalam bidang Teknologi
Informasi - Saat ini ada banyak aneka profesi di bidang Teknologi Informasi
atau TI. Perkembangan dunia TI telah melahirkan bidang baru yang tidak terlepas
dari tujuan utamanya yaitu untuk semakin memudahkan manusia dalam melakukan
segala aktifitas. Munculnya bidang TI yang baru juga memunculkan profesi di
bidang TI yang semakin menjurus sesuai dengan keahlian masing-masing. Secara
umum, pekerjaan di bidang teknologi informasi setidaknya dapat dikelompokkan
sesuai bidangnya, misalnya:
Kelompok pertama, adalah mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak (software), baik mereka yang merancang sistem operasi, database maupun sistem aplikasi.
- Programmer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan system analis, yaitu membuat program (baik aplikasi maupun system operasi) sesuai system yang dianalisa sebelumnya.
- Web designer, merupakan orang yang melakukan kegiatan perencanaan, termasuk studi kelayakan, analisis dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.
- Web programmer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan
- web designer, yaitu membuat program berbasis web sesuai desain yang telah dirancang sebelumnya.
Kelompok kedua, adalah mereka
yang bergelut di bidang perangkat keras (hardware).
- Technical engineer, sering juga disebut teknisi, yaitu orang yang berkecimpung dalam bidang teknik, baik pemeliharaan maupun perbaikan perangkat system computer.
- Networking engineer, adalah orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan komputer dari maintenance sampai troubleshooting-nya.
Kelompok ketiga, adalah mereka yang berkecimpung dalam operasional system informasi.
- DP Operator, adalah orang yang bertugas mengoperasikan program-program yang berhubungan dengan electronic data processing dalam lingkungan sebuah perusahaan atau organisasi lainnya.
- System administrator, merupakan orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap system, memiliki kewenangan menggunakan hak akses terhadap system, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan peraturan operasional sebuah system.
Sebagai contoh kasus, Amazon.com
merilis API sehingga pengembang situs web dapat lebih mudah mengakses informasi
produk Amazon, menggunakan Amazon API, sebuah situs web pihak ketiga dapat
memposting link langsung ke produk Amazon dengan harga yang terupdate dan
pilihan untuk “beli sekarang”. Sebuah API adalah antarmuka
software-to-software, bukan user interface. Dengan API, aplikasi berbicara satu
sama lain tanpa sepengetahuan pengguna atau intervensi. Ketika Anda membeli
tiket film online dan memasukkan informasi kartu kredit Anda, situs web tiket
film menggunakan API untuk mengirim informasi kartu kredit Anda ke aplikasi
remote yang memverifikasi apakah informasi Anda sudah benar. Setelah pembayaran
dikonfirmasi, aplikasi remote mengirimkan respon balik ke situs Web tiket film
mengatakan itu OK untuk mengeluarkan tiket.Sebagai pengguna, Anda hanya melihat
satu antarmuka situs Web tiket film tapi di belakang layar, banyak aplikasi
yang bekerja bersama-sama menggunakan API. Jenis integrasi ini disebut
seamless, karena pengguna tidak pernah mendapatkan pemberitahuan bila fungsi
perangkat lunak diserahkan dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain. Oleh
karena itu sebuah API dapat dikatakan menyerupai Software as a Service (SaaS),
karena pengembang perangkat lunak tidak harus mulai dari awal setiap kali
mereka menulis sebuah program.
API sudah tersedia dan telah menjadi pengendali bisnis. “Aset utama dari sebuah organisasi dapat digunakan dikembali, dibagikan, diuangkan melalui API yang dapat memperluas jangkauan jasa atau menyediakan aliran pendapatan baru,” ujar Deloitte. API publik telah meningkat dua kali lipat dalam 18 bulan terakhir dan lebih dari 10.000 telah dipublikasikan.
Deloitte menyatakan: “Yang kita
lihat adalah pemecah belahan dan, di banyak kasus, pendemokrasi industri.
Pemain yang berkubu pada jasa finansial akan mengeksplor platform open banking
yang mengurai pembayaran, kredit, investasi, loyalitas dan jasa peminjaman
untuk berkompetisi dengan pemain baru seperti PayPal, Billtrust, Tilt, dan
Amazon yang menggunakan jasa API dalam industri pembayaran.
keuntungan memprogram dengan
menggunakan API adalah:
Lebih Mudah Dimengerti. API
menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa
system call. Hal ini sangat penting dalam hal editing dan pengembangan.Didalam
Ekonomi API kita juga mengenal System Call Interface.
System call interface ini
berfungsi sebagai penghubung antara API dan system call yang dimengerti oleh
sistem operasi. System call interface ini akan menerjemahkan perintah dalam API
dan kemudian akan memanggil system calls yang diperlukan.
Portabilitas. Programmer yang menggunakan API dapat menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja asalkan sudah ter- install API tersebut. Sedangkan system call berbeda antar sistem operasi, dengan catatan dalam implementasinya mungkin saja berbeda.
Portabilitas. Programmer yang menggunakan API dapat menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja asalkan sudah ter- install API tersebut. Sedangkan system call berbeda antar sistem operasi, dengan catatan dalam implementasinya mungkin saja berbeda.
Trend SI Dan TI Dalam Bidang Bisnis
Pengertian dan Tujuan Bisnis
Bisnis adalah keseluruhan dari
aktivitas yang diorganisir oleh orang yang tidak berurusan di dalam bidang
industri dan perniagaan yang menyediakan barang dan jasa agar terpenuhinya
suatu kebutuhan dalam perbaikan kualitas hidup.
Tujuan bisnis suatu perusahaan
dapat kita lihat dari berbagai macam kepentingan, baik owner, pesaing,
supplier, karyawan, konsumen, masyarakat umum, maupun pemerintah. Pada umumnya
tujuan bisnis didirikan tidak hanya profit oriented semata, namun secara
keseluruhan tujuan bisnis didirikan meliputi :
(1) Profit,
(2) Pengadaan barang atau jasa,
(3) Kesejahteraan bagi pemilik faktor produksi dan masyarakat,
(4) Full employment,
(5) Eksistensi perusahaan dalam jangka panjang (waktu yang lama),
(6) Kemajuan dan pertumbuhan,
Jaman sekarang ini adalah jaman
modern, hampir semua hal bisa dilakukan dari rumah, dari mulai membayar semua
tagihan baik berupa tagihan telepon, internet, tv berbayar, listrik, pam dan
lain-lain, cukup dengan menggunakan m-banking, dan semua bisa dilakukan dengan
cara online. Kita tidak dapat memungkiri pentingnya teknologi informasi dalam
kehidupan kita. Teknologi informasi (TI) telah menjadi bagian yang sangat
penting dalam setiap rencana bisnis. Hampir dari seluruh perusahaan baik skala
besar maupun kecil menggunakan Teknologi Informasi, sebagai salah satu
aktifitas yang sangat dibutuhkan untuk memberikan peningkatan terhadap layanan
bisnis yang mereka kelola.
Teknologi Informasi telah banyak
digunakan untuk mendukung proses bisnis yang terjadi pada perusahaan, baik
bidang ekonomi maupun perbankan. Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi dan layanan
e-bussiness, e-commerce, e-banking dan lain-lain. Kebutuhan efisiensi waktu dan
biaya menyebabkan setiap pelaku bisnis merasa perlu menerapkan teknologi
informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi menyebabkan
perubahan pada pola kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource
Planning (ERP).
Dalam dunia bisnis peranan
Teknologi Informasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau
dikenal sebagai E-Commerce (e-dagang) atau perdagangan elektronik. E-Commerce
adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet. E-commerce
merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak
hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis,
pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dan lain-lain. Selain teknologi jaringan
www, e-dagang juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data
(databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non
komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran
untuk e-dagang ini.
Mempermudah Cara Komunikasi
Bagi banyak perusahaan, email
adalah sarana utama komunikasi antara karyawan, pemasok dan pelanggan. Email
adalah salah satu pendorong awal Internet, Penggunaannya sangat mudah dan
relatif jauh lebih murah jika dibandingkan dengan faksimile untuk
berkomunikasi. Selama bertahun-tahun, sejumlah alat komunikasi lainnya juga
berkembang, yang memungkinkan para staf untuk saling berkomunikasi dengan
menggunakan sistem chat (chatting), alat pertemuan online dengan sistem
konferensi video seperti webinar, Voice over internet protocol (VOIP) dan masih
banyak lagi lainnya.
Memberikan Pengetahuan dan Sumber Informasi
Melalui internet, anda hanya membutuhkan satu klik dan semua informasi sudah tersedia di depan mata Anda. Semakin banyak pengetahuan yang anda peroleh mengenai bisnis, maka semakin berkembang pula bisnis yang sedang anda kelola. Selain itu anda dapat dengan mudah untuk mencari informasi yang berkaitan dengan kompetitor anda.
Manajemen Data
Deretan lemari arsip yang berisikan dokumen-dokumen perusahaan sekarang sudah tidak terlalu dibutuhkan lagi oleh beberapa perusahaan, dengan adanya database. Saat ini, sebagian besar perusahaan menyimpan versi digital dari dokumen pada server dan perangkat penyimpanan. Dokumen-dokumen ini menjadi langsung tersedia bagi semua orang di perusahaan, terlepas dari lokasi geografis mereka. Perusahaan yang mampu menyimpan dan memelihara sejumlah besar data historis secara ekonomis, dan karyawan dapat mengakses langsung dokumen yang mereka butuhkan
Sistem Informasi Manajemen
Menyimpan data hanya menguntungkan jika data yang dapat digunakan secara efektif. Perusahaan progresif menggunakan data itu sebagai bagian dari proses perencanaan strategis serta pelaksanaan taktis dari strategi itu. Sistem Informasi Manajemen (SIM) memungkinkan perusahaan untuk melacak data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas. Informasi ini dapat digunakan untuk melacak profitabilitas dari waktu ke waktu, memaksimalkan laba atas investasi dan mengidentifikasi bidang yang perlu perbaikan. Manajer dapat melacak penjualan setiap hari, yang memungkinkan mereka untuk segera bereaksi terhadap angka yang lebih rendah dari perkiraan dengan meningkatkan produktivitas karyawan atau mengurangi biaya item.
Customer Relationship Management
Perusahaan menggunakan TI untuk memperbaiki cara mereka merancang dan mengelola hubungan terhadap pelanggan. Customer Relationship Management (CRM) sebuah sistem yang dapat menangkap setiap interaksi perusahaan terhadap para pelanggan, sehingga terdapat data kronologis pelanggan jika sewaktu-waktu dibutuhkan, bagaikan data record. Salah satu contohnya pelanggan menghubungi call center karena mendapatkan masalah, mengenai informasi pengiriman barang yang ia pesan. Dengan adanya CRM staff perusahaan dapat segera memberitahukan keberadaan barang pesanan pelanggan. Karena seluruh interaksi disimpan dalam sistem CRM. Pelanggan pun menjadi tenang, karena mendapatkan pelayanan yang memuaskan, Hal ini memberikan keuntungan bagi perusahaan sehingga dapat lebih meningkatkan kinerja terhadap produktivitas.
Prosedur Pendirian Bisnis,
Kontrak Kerja, Dan Prosedur Pengadaan
Berikut ini adalah
prosedur-prosedur Pendirian Bisnis yang harus dilakukan:
Tahapan pengurusan izin pendirian
Bagi badan usaha berskala besar, hal ini menjadi prinsip yang paling penting demi kemajuan dan pengakuan atas perusahaan yang bersangkutan. Hasil akhir pada tahapan ini adalah sebuah izin prinsip yang dikenal dengan Letter of Intent yang dapat berupa izin sementara, izin tetap hingga izin perluasan.
Tahapan pengesahan menjadi badan hukum
Tidak semua badan usaha harus berbadan hukum. Akan tetapi, setiap badan usaha yang memang dimaksudkan untuk ekspansi atau berkembang menjadi berskala besar, maka hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan izin atas kegiatan yang dilakukannya tidak boleh mengabaikan hukum yang berlaku. Izin yang mengikat suatu bentuk badan usaha tertentu di Indonesia memang terdapat lebih dari satu macam.
Tahapan penggolongan menurut bidang yang dijalani
Badan usaha dikelompokkan berdasarkan jenis bidang kegiatan yang dijalani. Berkaitan dengan bidang tersebut, maka setiap pengurusan izin disesuaikan dengan departemen yang membawahinya seperti kehutanan, pertambangan, perdagangan, pertanian, dan sebagainya.
Tahapan mendapatkan pengakuan, pengesahan dan izin dari departemen lain
Departemen tertentu yang berhubungan langsung dengan jenis kegiatan badan usaha akan mengeluarkan izin. Namun, diluar itu, badan usaha juga harus mendapatkan izin dari departemen lain yang pada nantinya akan bersinggungan dengan operasional badan usaha, misalnya Departemen Perdagangan mengeluarkan izin pendirian
Kontrak Kerja
Defini kontrak kerja adalah suatu
bentuk perjanjian kerja antara karyawan dan perusahaan. Adapun isi kontrak
kerja yaitu, hak dan kewajiban karyawan dan perusahaan selama terikat hubungan
kerja, yang ditandai dengan penandatanganan kontrak kerja tersebut oleh
pimpinan perusahaan dan karyawan.
Terdapat 3 sistem kontrak kerja,
yaitu:
Perjanjian kerja waktu tertentu
(PKWT), karyawannya biasa disebut dengan karyawan kontrak. Lamanya kontrak 3
bulan, 6 bulan, atau 1 tahun. Masa kontrak bisa diperpanjang dengan maksimal 2
tahun.
Perjanjian kerja waktu tidak
tertentu (PKWTT), karyawan dengan kontrak ini disebut dengan karyawan permanent
(tetap). Perjanjian kerja yang dibuat bersifat tetap. Pada kontrak kerja ini,
karyawan bisa langsung menjadi tetap/permanent atau melalui masa percobaan
kerja (probation) untuk paling lama 3 (tiga) bulan. Setelah lulus masa
percobaan, karyawan tersebut baru bisa menjadi karyawan tetap.
Untuk kontrak kerja melalui
outsourcing, anda akan mengikuti hak dan kewajiban perusahaan outsorcing,
walaupun nantinya anda akan disalurkan ke perusahaan yang menjadi klien perusahaan
outsourcing, sehingga perjanjian yang dibuat adalah perjanjian tidak langsung
dengan tempat anda ditugaskan untuk bekerja. Sedangkan untuk kontrak kerja
langsung dengan perusahaan, anda mengikuti hak dan kewajiban perusahaan
tersebut.
Prosedur Pengadaan
Prosedur pengadaan tenaga kerja
terdiri dari:
Perencanaan Tenaga Kerja
Perencanaan tenaga kerja adalah penentuan kuantitas dan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan dan cara memenuhinya. Penentuan kuantitas dapat dilakukan dengan dua cara yaitu, time motion study dan peramalan tenaga kerja. Sedangkan penentuan kualitas dapat dilakukan dengan Job Analysis. Job Analysis terbagi menjadi 2, yaitu Job Description dan Job Specification/Job Requirement. Tujuan Job Analysis bagi perusahaan yang sudah lama berdiri, yaitu untuk reorganisasi, penggantian pegawai, dan penerimaan pegawai baru.
Penarikan Tenaga Kerja
Penarikan tenaga kerja diperoleh dari 2 sumber, yaitu sumber internal dan sumber eksternal:
Sumber internal yaitu menarik tenaga kerja baru dari rekomendasi karyawan lama dan nepotisme, berdasarkan sistem kekeluargaan, misalnya mempekerjakan anak, adik, dan sebagainya. Keuntungan menarik tenaga kerja dari sumber internal yaitu lowongan cepat terisi, tenaga kerja cepat menyesuaikan diri, dan semangat kerja meningkat. Namun, kekurangannya adalah menghambat masuknya gagasan baru, terjadi konflik bila salah penempatan jabatan, karakter lama terbawa terus, dan promosi yang salah mempengaruhi efisiensi dan efektifitas. Tujuan menarik tenaga kerja dari sumber internal adalah untuk meningkatkan semangat, menjaga kesetiaan, memberi motivasi, dan memberi penghargaan atas prestasi. Sumber eksternal yaitu menarik
tenaga kerja baru dari lembaga tenaga kerja, lembaga pendidikan, ataupun dari
advertising, yaitu media cetak dan internet. Keuntungan menarik tenaga kerja
dari sumber eksternal adalah dapat meminimaslisasi kesalahan penempatan
jabatan, lebih berkualitas dan memperoleh ide baru/segar. Namun kekurangannya
adalah membutuhkan proses yang lama, biaya yang cukup besar, dan rasa tidak senang
dari pegawai lama. Tujuan menarik tenaga kerja dari sumber eksternal adalah
untuk memperoleh gagasan/ide baru dan mencegah persaingan yang negatif.
Penempatan Tenaga Kerja
Penempatan tenaga kerja adalah proses penentuan jabatan seseorang yang disesuaikan antara kualifikasi yang bersangkutan dengan job specification-nya. Indikator kesalahan penempatan tenaga kerja yaitu tenaga kerja yang tidak produktif, terjadi konflik, biaya yang tinggi dan tingkat kecelakaan kerja tinggi.
Seleksi Tenaga Kerja
Ada 5 tahapan dalam menyeleksi tenaga kerja, yaitu seleksi administrasi, tes kemampuan dan psikologi, wawancara, tes kesehatan dan referensi (pengecekan). Terdapat dua pendekatan untuk menyeleksi tenaga kerja, yaitu :
Succecive Selection Process adalah seleksi yang dilaksanakan secara bertahap atau sistem gugur.
Compensatory Selection Process adalah seleksi dengan memberikan kesempatan yang sama pada semua calon untuk mengikuti seluruh tahapan seleksi yang telah ditentukan.
Aplikasi Bisnis
Aplikasi bisnis yaitu suatu
aplikasi komputer atau perangkat lunak komputer untuk menunjang kegiatan bisnis
suatu perusahaan. aplikasi ini kebanyakan digunakan untuk bisnis lewat media
internet. Pada dasarnya da(aplikasi bisnis salah satunya) dapat dan memang
sebaiknya dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk membuat usahanya semakin
efisien, dan mendorong usaha tersebut memiliki daya saing yang lebik dibanding
usaha lainnya. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan pelaku usaha diantaranya
adalah :
-Pemasaran bisa lebih luas dan
murah (internet marketing)
-Perubahan desain bisa
disimulasikan/dicoba coba dulu tanpa takut rusak, kehabisan bahan, dll
(Fotoshop, paint, dll)
(1)Prmosi bisa lebih menarik
(2)Pengelolaan keuangan lebih cepat dan mengurangi risiko penyelewengan (aplikasi akuntansi)
(3)Berbagai Informasi pelanggan bisa disimpan
(4)Pelayanan bisa lebih cepat, contoh dengan barcode, kasir tidak perlu lagi mengetik kode barang
(5)Prediksi penjualan bisa dilakukan
Ada beberapa aplikasi yang bisa
digunakan oleh pelaku usaha untuk mempermudah megelola usahanya. Disamping
tidak perlu membeli (karena ada versi yang gratis), aplikasi tersebut juga
relatif mudah digunakan. Beberapa aplikasi tersebut diantaranya adalah :
Invest
Aplikasi ini bermanfaat untuk pelaku usaha yang memiliki dana mengganggur dan ingin diinvestasikan ke surat berharga (Investasi ini tidak monopoli pengusaha dengan dana besar, UMKM pun bisa). Denga aplikasi ini, pelaku usaha akan dibantu menempatkan dana menganggurnya dengan pertimbangan-pertimbangan yang lebih bisa dipertanggung jawabkan.
QSB
Aplikasi ini bermanfaat untuk membantu pelaku usaha dalam hal :
(1)Meramalkan nilai penjualan di masa yang akan datang dengan berbagai metode dan pendekatan
(2)Menentukan jumlah produksi yang paling ‘pas’ dan perubahan yang diijinkan
(3)Pembagian tugas karyawan yang paling efisien
(4)Menentukan lokasi usaha yang paling optimal
(5)Menentukan alokasi pengiriman barang
(6)Menyelesaiakan masalah antrian yang terjadi
Proses Dan Strategi Pengembangan Bisnis TI
Persaingan merupakan kunci penentu keberhasilan sebuah organisasi bisnis. Strategi persaingan yang diterapkan oleh bisnis/industri mampu memberikan keunggulan organisasi, dengan memperhatikan faktor biaya, mutu dan kecepatan proses. Keunggulan kompetitif akan membawa organisasi pada kemampuan mengendalikan pasar dan meraih keuntungan usaha. Strategi bisnis menjadi pusat yang mengendalikan strategi organisasi dan strategi informasi. Perubahan pada salah satu strategi membutuhkan penyesuaian, agar tetap setimbang.
Hubungan antara strategi kompetitif perusahaan dan manfaat penggunaan sistem informasi dikembangkan melalui beberapa lapisan, mulai dari perencanaan, analisa dan perancangan. Sejalan dengan semakin luasnya pemanfaatan teknologi informasi di lingkungan bisnis, maka pemisahan antara teknologi informasi dan strategi kompetitif perusahaan semakin tidak terlihat. Hal ini karena seluruh strategi kompetitif perusahaan harus memiliki teknologi informasi.
Strategi perusahaan berbasis sistem informasi perlu dibuat karena sumber daya yang dimiliki perusahaan sangat terbatas, sehingga harus dimanfaatkan secara optimal. Strategi ini juga digunakan untuk meningkatkan daya saing atau kinerja perusahaan karena para kompetitor memiliki sumberdaya teknologi yang sama dan memastikan bahwa aset teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan, baik berupa peningkatan pendapatan mapun pengurangan biaya.
Menurut O’Brien (2005), peran strategis sistem informasi dalam organisasi adalah memperbaiki efisiensi operasi, meningkatkan inovasi organisasi dan membangun sumber daya informasi yang strategis. Ketiga peran strategis ini dapat mendukung organisasi dalam meningkatkan keunggulan kompetitif dalam bersaing. Dalam sebuah organisasi non-profit, peran strategis yang dimaksud adalah meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan pekerjaan dan meningkatkan kinerja dalam melakukan aktivitas pelayanan.
Sistem informasi yang diaplikasikan oleh perusahaan untuk menunjang strateginya dapat pula digunakan untuk melihat kecenderungan tren bisnis di masa depan. Dengan adanya sistem informasi, maka perusahaan dapat mengantisipasi perubahan-perubahan yang mungkin terjadi dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang karena adanya perubahan orientasi bisnis. Disamping itu, sistem informasi yang unggul akan menciptakan barriers to entry pada kompetitor karena adanya kerumitan teknologi untuk memasuki persaingan pasar.
Aturan E-business Pada Bisnis
(1)Komunikasi, adanya fasilitas dan media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi, layanan, transaksi elektronik (pemesanan dan pembayaran secara elektronik) dan perpindahan barang dari penjual ke pembeli.
(2Komersial, adanya sistem yang melaksanakan transaksi online mulai dari promosi barang, pemesanan barang, pembayaran dan pengiriman barang. Pelanggan cukup melihat dari website jenis barang, spesifikasi dan harga barang, untuk pemesanan dilihat dari stok barang yang ada,untuk pembayaran sistem shopping online harus terhubung dengan otorisasi pembayaran (pihak bank).)
(3)Proses bisnis Setiap pelaku e-Business yang ingin melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan manfaat semaksimal mungkin dari e-Business harus melakukan optimalisasi proses bisnis internal dengan memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi, transaksi, maupun lama pengiriman barang menjadi dipersingkat, biaya transaksi menjadi lebih ekonomis jika dibandingkan dengan perdagangan yang dilakukan secara tradisional.
(4)Layanan, bagi setiap institusi yang menjadi pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi dan internet seharusnya menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih ekonomis, dan lebih terjangkau.
(5)Learning, untuk meningkatkan awareness baik diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses edukasi sangat penting agar semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari manfaat dan kelebihan dari transaksi online.
Kolaborasi, adanya kerjasama dengan pihak lain (stakeholder) pada setiap transaksi yang terjadi.
(6)Komunitas, dalam dunia maya (world wide web) komunitas merupakan salah satu indikator untuk mengukur aktifitas pengguna. Dalam e-Business, komunitas merupakan media yang cukup penting untuk belajar dan memperbaiki diri secara terus menerus baik dari sisi pelaku maupun pengguna dalam hal produk, layanan, maupun mekanisme transaksi.
Proses Dan Strategi Pengembangan Bisnis TI
Persaingan merupakan kunci penentu keberhasilan sebuah organisasi bisnis. Strategi persaingan yang diterapkan oleh bisnis/industri mampu memberikan keunggulan organisasi, dengan memperhatikan faktor biaya, mutu dan kecepatan proses. Keunggulan kompetitif akan membawa organisasi pada kemampuan mengendalikan pasar dan meraih keuntungan usaha. Strategi bisnis menjadi pusat yang mengendalikan strategi organisasi dan strategi informasi. Perubahan pada salah satu strategi membutuhkan penyesuaian, agar tetap setimbang.
Hubungan antara strategi kompetitif perusahaan dan manfaat penggunaan sistem informasi dikembangkan melalui beberapa lapisan, mulai dari perencanaan, analisa dan perancangan. Sejalan dengan semakin luasnya pemanfaatan teknologi informasi di lingkungan bisnis, maka pemisahan antara teknologi informasi dan strategi kompetitif perusahaan semakin tidak terlihat. Hal ini karena seluruh strategi kompetitif perusahaan harus memiliki teknologi informasi.
Strategi perusahaan berbasis sistem informasi perlu dibuat karena sumber daya yang dimiliki perusahaan sangat terbatas, sehingga harus dimanfaatkan secara optimal. Strategi ini juga digunakan untuk meningkatkan daya saing atau kinerja perusahaan karena para kompetitor memiliki sumberdaya teknologi yang sama dan memastikan bahwa aset teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan, baik berupa peningkatan pendapatan mapun pengurangan biaya.
Menurut O’Brien (2005), peran strategis sistem informasi dalam organisasi adalah memperbaiki efisiensi operasi, meningkatkan inovasi organisasi dan membangun sumber daya informasi yang strategis. Ketiga peran strategis ini dapat mendukung organisasi dalam meningkatkan keunggulan kompetitif dalam bersaing. Dalam sebuah organisasi non-profit, peran strategis yang dimaksud adalah meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan pekerjaan dan meningkatkan kinerja dalam melakukan aktivitas pelayanan.
Sistem informasi yang diaplikasikan oleh perusahaan untuk menunjang strateginya dapat pula digunakan untuk melihat kecenderungan tren bisnis di masa depan. Dengan adanya sistem informasi, maka perusahaan dapat mengantisipasi perubahan-perubahan yang mungkin terjadi dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang karena adanya perubahan orientasi bisnis. Disamping itu, sistem informasi yang unggul akan menciptakan barriers to entry pada kompetitor karena adanya kerumitan teknologi untuk memasuki persaingan pasar.
Aturan E-business Pada Bisnis
(1)Komunikasi, adanya fasilitas dan media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi, layanan, transaksi elektronik (pemesanan dan pembayaran secara elektronik) dan perpindahan barang dari penjual ke pembeli.
(2Komersial, adanya sistem yang melaksanakan transaksi online mulai dari promosi barang, pemesanan barang, pembayaran dan pengiriman barang. Pelanggan cukup melihat dari website jenis barang, spesifikasi dan harga barang, untuk pemesanan dilihat dari stok barang yang ada,untuk pembayaran sistem shopping online harus terhubung dengan otorisasi pembayaran (pihak bank).)
(3)Proses bisnis Setiap pelaku e-Business yang ingin melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan manfaat semaksimal mungkin dari e-Business harus melakukan optimalisasi proses bisnis internal dengan memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi, transaksi, maupun lama pengiriman barang menjadi dipersingkat, biaya transaksi menjadi lebih ekonomis jika dibandingkan dengan perdagangan yang dilakukan secara tradisional.
(4)Layanan, bagi setiap institusi yang menjadi pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi dan internet seharusnya menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih ekonomis, dan lebih terjangkau.
(5)Learning, untuk meningkatkan awareness baik diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses edukasi sangat penting agar semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari manfaat dan kelebihan dari transaksi online.
Kolaborasi, adanya kerjasama dengan pihak lain (stakeholder) pada setiap transaksi yang terjadi.
(6)Komunitas, dalam dunia maya (world wide web) komunitas merupakan salah satu indikator untuk mengukur aktifitas pengguna. Dalam e-Business, komunitas merupakan media yang cukup penting untuk belajar dan memperbaiki diri secara terus menerus baik dari sisi pelaku maupun pengguna dalam hal produk, layanan, maupun mekanisme transaksi.
Sumber :
http://ensiklopediasli.blogspot.co.id/2015/09/profesi.dalam.bidang.teknologi.informasi.software.hardware.brainware.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Robot
http://azizmusyaffaa.blogspot.co.id/2016/03/kegunaan-api-aplikasi-penghubung.html
http://tulisbaca.com/apa-saja-peran-teknologi-informasi-dalam-bisnis-yuk-baca-ini
http://dessymarantika7.blogspot.co.id/2013/04/software-komputer-dan-aplikasi-bisnis.html
http://standbydream.blogspot.co.id/2014/10/pengembangan-bisnisstrategi-solusi.html
http://galeripos1.blogspot.co.id/2015/08/aturan-e-business-pada-bisnis.html
http://ensiklopediasli.blogspot.co.id/2015/09/profesi.dalam.bidang.teknologi.informasi.software.hardware.brainware.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Robot
http://azizmusyaffaa.blogspot.co.id/2016/03/kegunaan-api-aplikasi-penghubung.html
http://tulisbaca.com/apa-saja-peran-teknologi-informasi-dalam-bisnis-yuk-baca-ini
http://dessymarantika7.blogspot.co.id/2013/04/software-komputer-dan-aplikasi-bisnis.html
http://standbydream.blogspot.co.id/2014/10/pengembangan-bisnisstrategi-solusi.html
http://galeripos1.blogspot.co.id/2015/08/aturan-e-business-pada-bisnis.html
0 comments:
Post a Comment